Inilah Tipe Dapur Yang Pas Untuk Ruang Terbatas

Bingung memilih desain lay out dapur karena lahan yang ada tidak luas? Jangan khawatir. Ada kok desain dapur yang pas untuk ruang terbatas.
 
Bertempat tinggal di apartemen atau rumah-rumah tipe kecil hingga sedang, kadang-kadang bikin gemes . Ukuran ruang yang serba mungil, membuat kita harus berpikir ekstra keras untuk menatanya.
Dapur misalnya, ruang ini juga perlu ditata sebaik mungkin. Di sana ada sekian banyak barang yang harus ditempatkan. Dengan begitu, pemilik rumah mesti pandai-pandai merancang dapur sehingga dapat menampung segala kebutuhannya.
Di antara beragam jenis desain dapur, dua di antaranya merupakan desain yang pas diaplikasikan di ruang-ruang terbatas. Desain yang seperti apa? 

Double Line atau Corridor Kitchen
Kalau sudah tak ada ruang yang tersisa, dapur ini bisa diterapkan pada jalur lalu lalang, antara satu ruangan ke ruangan lain, dari ruang keluarga ke ruang makan misalnya. Asal ukurannya memadai. Dapur double line menempatkan dua buah area kerja, pada dua dinding yang berseberangan. Biasanya orang membagi dua area kerja ini untuk keperluan yang berbeda.
Area kerja pertama difungsikan sebagai dapur basah, dimana kegiatan pengolahan makanan dilakukan. Biasanya di area ini ditempatkan kompor dan bak cuci piring. Sedangkan area di seberangnya biasanya dimanfaatkan sebagai area penyimpanan, bahan makanan maupun perangkat dapur. Di area ini biasanya ditempatkan antara lain: lemari es.

Single Line
Untuk ruang yang benar-benar sempit, desain ini bisa diaplikasikan. Hanya menggunakan satu dinding untuk menampung semua kegiatan, mulai dari menyimpan hingga mengolah makanan. Desain ini adalah yang paling sederhana, namun bisa dibilang paling merepotkan. Apalagi kalau sudah berkaitan dengan penyimpanan.
Dapur single line tidak bisa menampung terlalu banyak benda. Solusinya, biasanya orang menambahkan beberapa buah lemari di bagian lain ruangan. Bisa dengan menambahkan lemari buffet kecil, atau membuat lemari gantung.

(sumber: ideaonline.co.id)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah thanks infonya bermanfaat banget

Posting Komentar