Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah



 1. Definisikan rumah yang anda inginkan. 
Sekarang kita akan mulai untuk bermimpi dan berangan-angan, rumah seperti apakah yang kita inginkan. Apakah rumah tersebut memiliki kolam renang yang besar, ada halam rumput yang hijau seperti rumput di stadion sepak bola ataukah rumah yang diinginkan memiliki model minimalis, bahkan model mediteran.

2. Lokasi
Begitu anda mempunyai mimpi seperti apakah rumah yang anda inginkan berarti anda sekarang mempunya tujuan yang jelas, anda sekarang sudah mempunya kategori rumah yang diinginkan sehingga nenpermudah pencarian rumah yang anda inginkan. Yentukan lokasi yang tepat untuk rumah anda, pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat anda bekerja, anak anda sekolah, lokasi hiburan, tempat belanja, dan berbagai hal lainnya. Serta pilihlah daerah yang bukan rawan banjir serta memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Misal daerah yang memiliki sumber air bersih, dekat dengan green area dll.

3. Budget. 
Nah dalam hal ini anda tidak lagi diperbolehkan untuk bermimpi, anda harus melihat kenyataan yang ada. Sadarilah kemampuan yang anda miliki untuk membeli rumah. Hitung lagi berapa uang yg anda miliki. Misalkan anda memiliki uang 500jt berarti anda tidak bisa membeli rumah mewah yang ada ditengah kota dengan fasilitas mewah. Anda harus bbergeser sedikit menjauh dari pusat kota dan memilih lokasi di pinggir kota.

4. Mulai beraksi. 
Setelah anda mendefinisikan rumah yang anda inginkan, lokasi rumah yang tepat, dan kemampuan anda untuk membeli brarti sekarang waktunya untuk beraksi. Mulailah mencari, anda bisa bertanya melalui teman teman anda dikantor atau bahkan saudara anda. Tapi saya lebih manyarankan anda mencari melalui internet karena hal ini akan sangat membantu dan memiliki jaringan yang sangat luas. Anda tinggal memasukkan kata kunci: “rumah dijual” atau “jual rumah” pada masin pencari seperti google atau yahoo yang bisanya sering digunakan. Lalu akan muncul informasi yang anda inginkan.

5. Survey lokasi.
 
Setelah menentukan pilihan berbagai hal diatas sekarang adalah waktunya untuk melihat langsung rumah yang anda pilih. Jangan sampai anda tertipu iklan ataupun foto rumah, lihatlah langsung dan cek sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar